PENGERTIAN DAN TUJUAN UX 

PENGERTIAN DAN TUJUAN UX 

 

Inilah pengertian dan tujuan ux Terdapat beberapa hal yang sangat diperhatikan akhir-akhir ini. Dalam pembuatan aplikasi sendiri, user experience adalah salah satu anggota paling penting dalam pengembangan perangkat lunak. Yang mana, sebuah aplikasi atau produk digital yang baik tentu saja punyai interaksi, pengalaman yang gampang untuk digunakan oleh pengguna (user).

 

Berbagai startup dan perusahaan besar yang bergerak di bidang software development beradu untuk menciptakan perangkat lunak yang mempunyai tampilan antarmuka dan pengalaman pengguna yang baik dan interaktif. Peran user experience (UX) disini sangatlah penting untuk mencapai target tersebut. Sehingga, untuk proses pengembangan aplikasi ke depannya dapat beradu bersama dengan kompetitor di bidang IT yang sama.

 

Untuk artikel kali ini dapat mengulas tentang apa itu user experience, tujuan, metode yang digunakan, sampai pentingnya penerapan UX kala ini. Sehingga, kamu lebih tahu tentang rencana dasar dan target utama berasal dari pemanfaatan UX itu sendiri. Serta, dapat untuk meningkatkan mutu dan efektivitas berasal dari aplikasi atau produk digital yang kamu buat. 

 

APA ITU UX ?

 

User Experience adalah pengalaman pengguna dalam sistem jalinan dengan aplikasi atau perangkat lunak untuk memberi tambahan kemudahan bagi pengguna. Pengalaman berikut sanggup dilihat dari mudahnya dalam memanfaatkan product digital tersebut. Serta, sanggup untuk memaksimalkan segala aspek terasa dari fitur, desain, dan konten yang sanggup membantu pengguna untuk meraih obyek saat berinteraksi dengan aplikasi. 

 

UX yang baik termasuk dapat dukungan oleh penampilan antaramuka (UI) yang baik pula. UI yang friendly sanggup membawa dampak pengguna nyaman untuk berinteraksi lebih lama dengan product yang kamu ciptakan. Selain itu, aplikasi yang baik termasuk perlu mempunyai akses yang ringan, penampilan menu yang tidak sulit, dan mempunyai konten yang sadar dan tepat sasaran.

 

Kelemahan misalnya tidak menerapkan user experience adalah pengguna sanggup meninggalkan aplikasi kamu dengan cepat. Misalnya saja, saat user sudah masuk terhadap situs yang kamu buat, namun kamu tidak menerapkan UX dengan benar maka sanggup pengaruhi pengertian dan tujuan ux pengalaman pengguna dalam terhubung situs kamu dan pengguna dapat lebih menentukan untuk keluar dari situs kamu dan melacak referensi situs kompetitor yang lain.  

Baca juga : Marketing Kit, Definisi, Manfaat Beserta Contoh

TUJUAN UX 

 

Setelah tahu pengertian berasal dari user experience, selanjutnya kamu kudu tahu tujuan user experience sebenarnya. Berikut ini merupakan beberapa tujuan utama berasal dari pemakaian UX untuk menopang kinerja product anda. 

 

  • Memberikan pengalaman yang baik dan menggembirakan terhadap pengguna

Sebuah situs atau aplikasi mobile tentu digunakan untuk mengenalkan produk atau layanan, dan juga beri tambahan Info yang jelas, dan punya kandungan fakta. Selain itu, pengguna tentu menghendaki penampilan yang menarik, dan enteng untuk digunakan. Sehingga, pengunjung suatu situs bakal mulai nyaman dengan penampilan yang ada dan didukung dengan user experience yang baik.

 

  •  Membantu user dalam meraih Info dan target terhadap aplikasi

Pengunjung aplikasi situs ataupun mobile membawa alasan utama waktu berkunjung ke suatu aplikasi. Sehingga, yang diinginkan produk selanjutnya bisa menjawab dan beri tambahan Info yang diperlukan oleh pengguna. 

 

  • Meningkatkan keuntungan terhadap bisnis lewat produk anda

Untuk target user experience yang terakhir, digunakan untuk menambah value dan keuntungan berasal dari sebuah perusahaan. Dengan beri tambahan pengalaman yang baik kepada pengguna, maka bakal beri tambahan dampak yang baik pula terhadap bisnis yang anda bangun. Keuntungan disini bisa berwujud peningkatan trafik situs atau aplikasi, penjualan produk, dan promosi jasa yang ditawarkan. 

 

PENTINGNYA UX 

 

Berikutnya, masuk terhadap pembahasan mengenai pentingnya user experience bagi product aplikasi. Terdapat lebih dari satu alasan mengapa user experience dianggap perlu dan waktu ini perlu untuk diterapkan terhadap beragam aplikasi berbasis website, mobile, maupun desktop sekalipun. 

 

  • Memudahkan pengguna 

User experience tidak hanya sekedar dalam memudahkan pengguna untuk berinteraksi bersama aplikasi. Namun, kemudahan yang dimaksud di sini adalah sanggup untuk memberikan pemahaman kepada pengguna untuk menggunakan berbagai fitur, tombol, dan CTA cocok bersama yang diinginkan oleh sistem. 

 

  • Memahami kebutuhan pengguna 

Selanjutnya, mampu menyadari tiap tiap kebutuhan berasal dari pengguna. Pengalaman yang baik terhitung mampu pilih arah kebutuhan berasal dari pengguna. Misalnya saja, saat user masuk terhadap menu services, maka user ingin mencari sebuah jasa atau sarana yang disajikan terhadap web tersebut. Sehingga, terhadap akhirnya, user akan diarahkan terhadap form kontak untuk berkomunikasi bersama tim admin berasal dari perusahaan tersebut.  

 

  • Dapat bersaing bersama kompetitor di dalam bidang yang sama 

Di masa ini, persaingan dalam teknologi digital terlalu ketat. Sehingga, kudu ada beberapa ide dan pembaharuan pada beberapa sistem atau fitur yang diakui sudah tidak relevan kala ini. Maka berasal dari itu, UX beri tambahan kemudahan supaya kamu dapat bersaing dengan kompetitor lain yang punya desain UI yang mirip menariknya dengan anda. Yang menjadi perbedaan adalah berasal dari segi pengalaman penggunanya.

 

  • Mengoptimalkan performa produk digital 

Mengoptimalkan disini mampu berwujud menambah kecepatan load dari aplikasi. Semakin cepat aplikasi yang kamu tampilkan, maka semakin user idamkan mengunjungi website anda. Kemudian, perbanyak konten dalam setiap page atau laman yang kamu buat. Hal selanjutnya mampu menambah posisi atau rangking website kamu dalam mesin pencarian (SEO). 

 

  • Meningkatkan kredibilitas dan traffic product aplikasi 

Dan yang terakhir, manfaat utama dari user experience adalah tingkatkan keuntungan dan kredibilitas dari product aplikasi. Semakin kredibilitas meningkat, maka dapat berbanding lurus dengan traffic yang dapat dicapai. Dan dapat berpengaruh termasuk terhadap peningkatan keuntungan perusahaan. 

Baca juga : excellentteam