MACAM-MACAM BUDI PEKERTI 

MACAM-MACAM BUDI PEKERTI 

 

PENGERTIAN BUDI PEKERTI 

Apakah kalian tau macam-macam budi pekerti ? Secara etimologi, budi pekerti berasal dari bahasa jawa yaitu budi yang berarti pikir dan pakerti yang berarti perbuatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian budi pekerti adalah sikap dan perilaku seseorang, keluarga, maupun masyarakat erat kaitannya dengan norma dan etika.

 

Secara terminologi, pengertian budi pekerti adalah nilai-nilai perilaku manusia yang akan diukur menurut kebaikan dan keburukannya melalui ukuran norma agama, norma hukum, tata krama, dan sopan santun, atau norma budaya atau adat istiadat suatu masyarakat/bangsa.

 

Definisi pendidikan budi pekerti adalah suatu upaya pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan perilaku peserta didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas hidupnya secara selaras, serasi, seimbang antara lahir batin, jasmani-rohani, material spiritual dan individu sosial.

Baca juga : Brand Awareness dan Urgensinya Dalam Bisnis Kamu

MACAM-MACAM BUDI PEKERTI DAN CONTOHNYA 

 

  • SIKAP TERHADAP TUHAN 

Sebagai makhluk, kita menghormati sang Pencipta. Melalui penghayatan iman, kita diajak untuk menghormati dan memuji Sang Pencipta. Pujian tersebut bisa diwujudkan dalam sikap berbaik kepada semua makhluk ciptaan, khususnya pada diri sendiri.

 

  • SIKAP TERHADAP SESAMA MANUSIA 

Sikap penghargaan terhadap manusia.

Penghargaan bahwa pribadi manusia itu bernilai, tidak boleh direndahkan atau disingkirkan harus dikembangkan. Setiap manusia, sebagai sesama ciptaan Tuhan, siapapun mereka bernilai.

 

Sikap penghargaan terhadap manusia 

Salah satu wujud penghargaan setiap manusia adalah penghargaan terhadap perempuan (gender). Hal tersebut menjadi penting pada zaman ini agar perempuan tidak didiskriminasikan terhadap laki-laki. Perempuan dan laki-laki diciptakan sederajat, mereka sama-sama bernilai didepan apalagi dilecehkan. Mereka harus dihargai sederajat dengan laki-laki yang membedakan mereka adalah fungsinya.

 

Menghargai gagasan orang lain 

. Di negara demokratis, orang tidak boleh mendiskriminasikan berdasarkan suku, agama tingkat sosial, maupun level pendidikan. Setiap orang mendapatkan perlakuan sama dalam mendapatkan pelayanan masyarakat dan negara dan dihargai.

 

Sikap berbangsa dan cinta tanah air 

Sikap cinta pada tanah air, rela ikut membangun bersama hidup bernegara, terlibat dalam hidup bersama untuk membangun negara, lalu taat pada hukum yang berlaku demi lancarnya hidup bersama, yang keseluruhan perlu untuk ditekankan dalam membangun bangsa.

 

Niat adat dan aturan sopan santun 

Beberapa budaya memiliki nilai hidup untuk bersama yang dianggap baik. Nilai tersebut perlu untuk ditawarkan pada anak didik untuk dapat masuk dalam budaya dan dapat mengerti budaya dan orang dari mereka. Nilai sopan santun memang tidak berlaku dimuka umum, tapi lebih ditentukan daerah dari masing-masing atau nilainya relatif.

 

SIKAP TERHADAP DIRI SENDIRI 

  • Sikap jujur, terbuka, harga diri semuanya perlu untuk perkembangan diri anak didik. nilai kejujuran perlu diterapkan jika ingin negara kita sungguh berkembang dan manusia yang terdapat di dalamnya semakin sejahtera.
  • Beberapa sikap pengembangan sebagai pribadi manusia misalnya disiplin, bijaksana, cermat, mandiri, percaya diri, semuanya lebih menunjang kesempurnaan diri pribadi. Meski hal demikian tidak langsung berkaitan dengan orang lain, namun dapat membantu dalam menjalin kerja sama dengan orang lain. Yang perlu dikembangkan di antara orang muda adalah semangat kemandirian. Orang muda demikian butuh dibantu agak menjadi lebih mandiri, berani menghadapi persoalan hidup sendiri, berani berjuang dalam kesulitan dan tidak menyerah begitu saja.
  • Daya juang dan penguasaan diri dalam melawan budaya instan dan mencari senang sendiri, contohnya seperti penguasaan terhadap narkoba pada zaman ini begitu penting. Tantangan yang besar dan yang dihadapi jika kita memiliki daya juang yang besar. Tanpa hal tersebut, tentu akan terlindas dengan arus zaman yang tidak sehat.
  • Kebebasan dan tanggung jawab

SIKAP TERHADAP ALAM 

Penghargaan terhadap alam diciptakan untuk digunakan semua manusia agar mampu hidup dengan bahagia, sehingga dalam penggunaan alam hanya untuk diri sendiri jelas tidak bisa dibenarkan. Perusakan alam hanya dapat memberikan kehidupan pada beberapa orang juga tidak benar. Keserakahan dalam penggunaan alam merupakan kesalahan. Di sekolah siswa dibimbing menjaga lingkungan hidup, menggunakan barang secara bertanggung jawab, dan kritis terhadap persoalan lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat.

Baca juga : Excellentteam