CIRI-CIRI BUDI PEKERTI 

CIRI-CIRI BUDI PEKERTI 

 

PENGERTIAN BUDI PEKERTI 

Kalian sudah tau belum ciri-ciri budi pekerti ? Secara etimologi, budi pekerti berasal dari bahasa jawa yaitu budi yang berarti pikir dan pakerti yang berarti perbuatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian budi pekerti adalah sikap dan perilaku seseorang, keluarga, maupun masyarakat erat kaitannya dengan norma dan etika.

 

Secara terminologi, pengertian budi pekerti adalah nilai-nilai perilaku manusia yang akan diukur menurut kebaikan dan keburukannya melalui ukuran norma agama, norma hukum, tata krama, dan sopan santun, atau norma budaya atau adat istiadat suatu masyarakat/bangsa.

 

Definisi pendidikan budi pekerti adalah suatu upaya pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan perilaku peserta didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas hidupnya secara selaras, serasi, seimbang antara lahir batin, jasmani-rohani, material spiritual dan individu sosial

Baca juga : Kupas Tuntas, All About Search Engine

CIRI-CIRI BUDI PEKERTI 

 

  • BERIMAN 

Sikap dan perilaku yang menunjukkan kepercayaan pada Tuhan. Keyakinan ini disertai dengan kepatuhan dan kepatuhan dalam mengikuti perintah dan menghindari semua larangan-Nya. Ini dimanifestasikan dengan taat beribadah dan berperilaku sesuai dengan norma agama.

 

  • BERPIKIR MATANG 

Sikap dan perilaku yang menunjukkan kemampuan untuk berpikir secara objektif dan mampu mengendalikan prasangka dan terbuka untuk koreksi. Ini diwujudkan dalam perilaku yang dibimbing oleh keseimbangan rasio dan emosi agar tidak mengikuti keinginan mereka sendiri.

 

  • MEMILIKI TANGGUNG JAWAB 

Sikap dan perilaku yang berani menanggung semua konsekuensi dari tindakan atau tindakan yang mereka ambil.

 

  • JUJUR 

Sikap dan perilaku yang tidak suka berbohong, mengatakan apa adanya dan berani mengakui kesalahan.

 

  • PEMAAF 

Mengampuni sikap dan perilaku untuk kesalahan orang lain dan tidak menyembunyikan perasaan untuk kesalahan orang lain.

  • RENDAH HATI 

Membenci perilaku dan sikap untuk menekankan dan memprioritaskan diri mereka sendiri, meskipun kenyataannya lebih dari yang lain.

 

  • DAPAT BERSIKAP ADIL

Sikap dan perilaku yang tidak bias dalam mempertimbangkan keputusan, tidak memihak dan menggunakan standar yang sama untuk semua pihak.

 

SIFAT-SIFAT BUDI PEKERTI 

 

  • RELA DAN MENERIMA KEADAAN 

Dengan memiliki sifat rela dan menerima keadaan, itu berarti bahwa kita dapat mendamaikan segala sesuatu yang terjadi di luar jangkauan kemampuan kita sebagai manusia, sehingga setiap badai yang menimpa kita akan dapat mengatasinya.

 

  • JUJUR 

Kejujuran yang dimiliki akan membawa itikad baik. Apabila dikenal sebagai orang yang jujur, tidak akan ada kesulitan signifikan yang akan menghalangi upaya kita dalam kehidupan ini.

 

  • SABAR 

Orang yang memiliki kesabaran berarti bahwa mereka dapat menerima semua jenis masalah kehidupan dan dapat mengendalikan emosi negatif mereka.

 

  • MAWAS DIRI 

Seseorang yang memiliki sifat introspektif berarti ia telah menguasai teknik berpikir secara bijak dan mampu memproses perasaan yang benar dan meyakinkan, sehingga ia mampu mewujudkan semua perilaku buruk yang menjadi kelemahannya.

 

  • BUDI LUHUR 

Sifat kebajikan atau berbudi luhur harus dilatih dan dipupuk terus menerus tanpa mengetahui kebosanan dan keputusasaan, sehingga mendarah daging. Ini merupakan karakteristik dari karakter orang yang bijaksana, dan mampu menampilkan kepribadian yang mulia, yang berarti selalu dalam kondisi prima, damai dan batin.

 

CONTOH BUDI PEKERTI 

Jujur. Jujur atau kejujuran mengacu pada aspek karakter, moral dan berkonotasi atribut positif dan berbudi luhur seperti integritas, kejujuran, dan keterusterangan, termasuk keterusterangan pada perilaku, dan beriringan dengan tidak adanya kebohongan, penipuan, perselingkuhan, dll. Selain itu, kejujuran berarti dapat dipercaya, setia, adil, dan tulus. Kejujuran dihargai di banyak budaya etnis dan agama

Amanat, yaitu suatu pesan moral atau nasihat yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun.

Bisa percaya dan bisa dipercaya

Demikian pembahasan tentang pengertian budi pekerti menurut para ahli, tujuan, jenis dan contohnya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan yang lainnya.

Baca juga : Excellentteam