APA ITU PERENCANAAN SDM ? 

APA ITU PERENCANAAN SDM ? 

 

APA ITU SUMBER DAYA MANUSIA 

 

Apakah kalian tau apa itu perencanaan sdm ? Sebelum Anda tahu apa itu perencanaan SDM, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu sumber daya manusia.

SDM didefinisikan sebagai setiap individu yang bekerja secara produktif untuk menggerakkan organisasi, perusahaan, dan berfungsi sebagai aset organisasi atau perusahaan tersebut.

Karena fungsinya yang sangat krusial, SDM harus mendapatkan pelatihan dan

bimbingan agar terus berkembang.Selanjutnya, SDM juga dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni SDM Makro dan

SDM Mikro.Sumber daya manusia makro adalah total keseluruhan penduduk usia produktif yang berada di suatu wilayah.

Sedangkan, sumber daya manusia mikro merupakan orang yang bekerja di suatu institusi atau perusahaan.

Dari penjelasan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa SDM adalah orang atau individu yang bekerja di suatu perusahaan yang memiliki kemampuan tertentu.

Oleh karena itu, SDM adalah salah satu faktor yang penting dalam mencapai tujuan perusahaan, selain modal dan teknologi.Nah, inilah pentingnya keberadaaan perencanaan sumber daya manusia.

Sebuah perusahaan tidak akan terlepas dari urusan perencanaan SDM karena hal tersebut bermanfaat untuk memberdayakan pegawai/karyawan secara efektif.

Selain itu, tanpa adanya perencanaan sumber daya manusia yang baik, sebuah perusahaan atau organisasi tidak akan bisa bertahan, berkembang, dan maju di masa depan.

Lantas apa yang dimaksud dengan sumber daya manusia dan perencanaan sumber daya manusia? Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari simak ulasan seputar perencanaan sumber daya manusia berikut ini.

Baca juga : Pentingnya Peran Digital Marketing

PENGERTIAN PERENCANAAN SDM 

 

Sekarang, setelah Anda tahu apa itu sumber daya manusia, juga tahu pemahaman tentang perencanaan SDM yang memainkan peran penting dalam kemajuan bisnis.

Perencanaan Sumber Daya Manusia atau Perencanaan Sumber Daya Manusia (HRP) adalah proses peramalan sistematis dengan menghubungkan kebutuhan sumber daya

manusia perusahaan dengan strategi dan tujuan perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga harus memastikan bahwa SDM memadai, kualitas dan kompeten, untuk mencapai tujuan perusahaan.

 

  • MENURUT KBBI 

Selain konsep perencanaan sumber daya manusia di atas, KBBI juga memiliki definisi perencanaan sumber daya manusia, yaitu potensi individu yang dapat dikembangkan

dan dilatih demi proses produksi.

 

  • MENURUT MATHIS DAN JACKSON 

Sejumlah ahli juga turut mendefinisikan apa itu perencanaan sumber daya manusia, salah satunya Mathis dan Jackson (2001).

Menurut Mathis dan Jackson (2001), perencanaan SDM adalah sebuah proses identifikasi dan analisis untuk memiliki SDM yang bisa mencapai tujuan organisasi atau

perusahaan.

 

  • MENURUT ANDREW 

Andrew E. Sikula juga mendefinisikan tentang perencanaan sumber daya manusia, yakni sebagai sebuah proses dalam menentukan kebutuhan pegawai/karyawan dan agar

pekerjaan SDM tersebut sesuai dengan rencana organisasi.

 

  • MENURUT MONDY DAN NOE 

Selanjutnya, menurut Mondy & Noe (1995), perencanaan sumber daya manusia merupakan proses sistematis yang menganalisis keadaan SDM yang bertujuan agar jumlah

dan kualitas SDM dengan keterampilan yang sesuai terpenuhi ketika perusahaan atau organisasi membutuhkannya.

 

  • MENURUT WERTHER  DAN DAVIS 

Pendapat ahli menurut Werther dan Davis tentang perencanaan sumber daya manusia merupakan sebuah rencana sistematis dalam memprediksi kebutuhan karyawan

dengan ketersediaan untuk waktu yang akan datang.

Dengan demikian, pihak HRD (Human Resource Department) bisa segera melakukan tugas tim HRD dalam perencanaan untuk melaksanakan rekrutmen pekerja, seleksi,pelatihan, dan rangkaian lainnya.

 

  • JACKSON DAN SCHULER 

Schuler & Walker (1990) juga mendefinisikan tentang perencanaan SDM, yakni sebagai suatu proses manajemen yang menentukan mobilitas SDM organisasi atau

perusahaan saat ini menuju posisi di masa depan yang diinginkan.

Baca juga : Excellentteam