SOFT SKILL YANG WAJIB DIKUASAI 

SOFT SKILL YANG WAJIB DIKUASAI 

 

MENGAPA SOFT SKILL ITU PENTING ?

 

Inilah soft skill yang wajib dikuasai , Mahasiswa perlu tahu bahwa dunia kerja tidaklah sama dengan dunia pendidikan. Dunia kerja akan membutuhkan lebih banyak soft skill yang harus dimiliki agar karir bisa naik dengan tajam. Pelajaran softskill sendiri bukan secara formal melalui pendidikan, melainkan di dapat dari berbagai pengalaman, baik pengalaman organisasi, kepanitiaan, lingkungan, komunitas dan lainnya yang mahasiswa ikuti di kampus. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, seiring waktu soft skill juga akan semakin terasah dengan baik. Tapi, soft skill apa saja yang harus mahasiswa miliki sebelum masuk ke dunia kerja? Simak ulasannya berikut ini : 

 

  • LANCAR BERKOMUNIKASI 

Komunikasi memang sudah jadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Namun, ternyata hal ini masih tetap harus terus dipelajari. Para profesional muda baik di lingkungan kerja maupun sehari-hari, sangat penting menguasai soft skill. Tentunya komunikasi yang bukan hanya secara lisan, tapi juga tertulis. Sama seperti di bangku perkuliahan, kamu bukan hanya berkomunikasi, tapi juga menguasai public speaking, alias berbicara di depan banyak orang. Karena di dunia kerja tidak akan terlepas untuk berkomunikasi dengan banyak orang.

 

Mulai dari berdiskusi, bernegosiasi, mempresentasikan sesuatu, serta bersosialisasi dengan rekan kerja lainnya. Selain itu, dengan menguasai soft skill berkomunikasi, juga bisa membantu menunjang karier menjadi lebih baik.

Baca juga : Cara Menjaga Keamanan Digital Marketing?

  • BISA BEKERJA SAMA 

Sejak kuliah, mahasiswa mungkin terbiasa untuk mengerjakan tugas secara berkelompok. Sama halnya di dunia kerja, kemampuan team work sangat perlu untuk mendapatkan hasil kerja yang baik. Kemampuan ini juga termasuk berdiskusi, berkolaborasi, menerima pendapat dan pandangan dari orang lain, dan mencari solusi dari suatu masalah. Dengan memiliki kemampuan bekerja sama, dapat membantu lebih mudah untuk beradaptasi di lingkungan yang baru.

 

  • BERPIKIR KRITIS DAN PROBLEM SOLVING 

Berpikir kritis adalah kemampuan berpikir rasional dalam berbagai situasi dan kondisi, alias tetap fokus terhadap satu masalah. Sedangkan problem solving adalah kemampuan untuk mencari solusi dari permasalahan itu. Contoh usaha yang dapat dilakukan untuk melatih kemampuan ini adalah dengan menentukan pokok masalah, mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan tersebut, berdiskusi untuk menemukan solusi, dan tetap open minded.

 

  • ADAPTASI 

Dunia kerja tentunya berbeda jauh dengan kuliah. Dunia kerja menuntut untuk dapat melakukan segala pekerjaan dengan hasil yang baik. Tingkat kesulitan dan tanggung jawab pun berubah menjadi lebih berat. Tentunya, hal ini akan terasa sulit jika kita tidak memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat. Kemampuan beradaptasi sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai dinamika di dunia kerja. Dengan menjadi lebih fleksibel, itu akan memudahkan untuk menunjukkan performa terbaik di segala situasi dan kondisi.

 

  • MANAJEMEN WAKTU 

Ini adalah soft skill yang harus dimiliki dan diterapkan di berbagai kegiatan, terlebih di dunia profesional. Dalam dunia kerja, jika kita tidak bisa mengatur waktu dengan baik, maka akan banyak pekerjaan yang terhambat. Salah satu usaha untuk memiliki manajemen waktu yang baik adalah dengan menentukan skala prioritas hal yang harus dikerjakan. Selain itu juga bisa membuat daftar agenda atau timeline pekerjaan sehari-hari. Ini membantu kita untuk mengingat apa saja yang harus kita lakukan tanpa ada yang terlewat.

 

  • NETWORKING 

Memiliki networking atau jaringan pertemanan yang luas sangat penting dalam membangun karier. Selain itu menjalin hubungan baik dan komunikasi dengan orang lain juga dapat membawa dampak positif. Semakin luas networking, maka akan semakin memiliki banyak kesempatan dan peluang untuk berkembang di masa depan.

Baca juga : Excellentteam