HARDSKILL PENTING BAGI MAHASISWA

HARDSKILL PENTING BAGI MAHASISWA

 

APA ITU HARDSKILL ? 

 

Kalian tau apa saja hardskill penting bagi mahasiswa ? Hardskill dapat diartikan sebagai sebuah kemampuan untuk menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan teknis dalam suatu bidang. Hardskill menjadi hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa tingkat akhir. Mengapa demikian?

Karena mahasiswa dalam perkuliahannya lebih banyak mengembangkan kemampuan kognitif yang lebih mengedepankan kemampuan berpikir berlandaskan pada teori-teori yang diberikan selama perkuliahan. Saat memasuki dunia kerja, dibutuhkan lebih dari sekedar kemampuan kognitif untuk menangani permasalahan riil yang ada di dalam pekerjaan.

 

Untuk itulah hardskill menjadi faktor yang menjadi salah satu pertimbangan dalam proses seleksi karyawan yang akan diikuti oleh para lulusan perguruan tinggi. Berikut 6 hardskill untuk mahasiswa tingkat akhir yang sangat penting dimiliki.

 

  • KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KOMPUTER 

Saat ini, hampir seluruh pekerjaan dipastikan melibatkan pemakaian komputer di dalamnya. Dimulai dari masalah yang sederhana seperti pencatatan hingga yang lebih kompleks seperti pengolahan data.

 

Secara umum terdapat kepentingan pekerjaan lain yang membutuhkan komputer saat ini, yaitu pembuatan makalah, laporan ataupun presentasi. Kemampuan menggunakan program seperti Power Point atau program sejenis yang sangat membantu mendukung penggambaran suatu topik sehingga mudah dipahami dan menarik bagi pemirsanya.

Baca juga : Tips Sukses Digital Marketing Untuk Bisnis Anda!

  • PAHAM MEDIA SOSIAL 

Dunia maya atau internet telah menjadi media yang efektif bagi perkembangan bisnis sebuah perusahaan terutama dalam hal promosi atau pengenalan produknya. Penetrasi langsung kepada individu masyarakat sebagai konsumen potensial secara masif dan praktis menjadi alasan pemanfaatan media sosial. Ini menjadi salah satu cara yang efektif dan efisien.

 

Saat ini pun, banyak perusahaan yang melibatkan seluruh bagian yang ada di dalam perusahaan. Masing-masing karyawan diharapkan turut mendukung promosi perusahaan melalui media sosial.

 

Tetapi yang penting adalah bagian pemasaran dan penjualan. Ketika strategi pemasaran melalui internet atau pemasaran digital telah menjadi dunia baru dalam hal pemasaran. Ini berarti bahwa beberapa perusahaan membuat divisi atau bagian khusus untuk jenis pemasaran ini.

 

Jika Anda terbiasa dengan dunia digital dan menggunakan media sosial, kapasitas ini akan sangat layak untuk menjadi perhatian perusahaan. Ini sangat penting nanti ketika Anda menjalani proses seleksi karyawan.

 

  • KEMAMPUAN BAHASA ASING 

Keterampilan linguistik asing selalu menjadi kebutuhan dalam dunia kerja saat ini. Dengan referensi dan sumber komersial yang berorientasi ke dunia internasional, penciptaan keterampilan linguistik asing dari seorang karyawan akan lebih diperlukan oleh banyak perusahaan.

 

Keterampilan bahasa Inggris menjadi standar dalam pemilihan karyawan. Tetapi dengan bimbingan bisnis yang juga terkait dengan negara lain yang membuat beberapa bahasa asing, kualifikasi tambahan yang diperlukan oleh perusahaan. Beberapa bahasa asing seperti Mandarin, Jepang, Korea Selatan, Jerman dan Belanda.

 

  • KEMAMPUAN ANALISIS 

Analisis ini terkait erat dengan mengendalikan identifikasi masalah yang mengarah pada solusi. Di sini, perlu untuk mengembangkan keadaan logis sistematis yang tidak hanya digunakan untuk diri sendiri tetapi dapat dipahami oleh kolega atau bagian lain seperti pelanggan atau konsumen.

 

Ini juga dapat melibatkan program atau aplikasi TI untuk membantu analisis yang terkait dengan pengelolaan pemrosesan data. Ini adalah upaya untuk mendapatkan solusi atau kesimpulan.

 

  • KREATIF DAN INOVATIF 

Tantangan dan dinamika di dunia kerja membutuhkan kemampuan karyawan untuk melakukan upaya cerdas untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada.

 

Istilah “Thinking Out of The Box” pada umumnya menjadi gema dalam pekerjaan. Istilah ini dimaksudkan untuk skema refleksi yang tidak biasa dengan melihat masalah serta upaya untuk menyelesaikannya.

 

Atau juga istilah seperti “Red Ocean” yang menggambarkan hal yang “konvensional’ atau sesuatu yang sudah umum berjalan dan “Blue Ocean” untuk sesuatu yang “extraordinary” untuk sesuatu yang benar-benar berbeda yang belum pernah ada sebelumnya.

 

Biasanya istilah ini dipakai dalam upaya menciptakan peluang pasar baru dengan mengambil celah atau peluang yang belum pernah dimasuki oleh kompetitor lainnya. Kedua istilah ini menjadi dasar dari upaya mendorong pola pikir kreatif dan inovatif dari seorang karyawan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi.

 

  • KEMAMPUAN ADMINISTRATIF 

Administrasi terkadang dianggap sebuah hal yang remeh temeh di dalam sebuah organisasi. Faktanya  administrasi merupakan penggambaran dari bagaimana Anda mengelola pekerjaan Anda secara rapi, sistematis dan terorganisir dengan baik.

 

Kemampuan administrasi meliputi pengelolaan dokumen, penyimpanan data, perencanaan kegiatan dan pelaporan. Jangan bayangkan Anda harus berada di dalam bagian administrasi perusahaan untuk membutuhkan keterampilan administratif ini.

 

PENUTUP 

 

Demikian ulasan mengenai 6 hardskill untuk mahasiswa tingkat akhir. Anda dapat memiliki kemampuan hardskill tersebut melalui berbagai cara.

Anda dapat mengikuti kursus atau pelatihan skill terkait, atau Anda dapat mendapatkannya melalui kegiatan organisasi di dalam atau di luar kampus selama kuliah. Banyak hal yang dapat Anda pelajari sekaligus dipraktikkan ketika Anda berorganisasi.

Baca juga :  Excellentteam