CARA MEMOTIVASI UNTUK SEMANGAT BELAJAR

CARA MEMOTIVASI UNTUK SEMANGAT BELAJAR 

 

PENGERTIAN SEMANGAT BELAJAR 

 

Kalian tau cara memotivasi untuk semangat belajar ? Pengertian motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Bagi sebagian orang, belajar adalah momok yang tidak mudah dimenangkan. Ada berbagai alasan mengapa ini bisa terjadi.

 

Di antara mereka karena belajar adalah hal yang membosankan sehingga subjek atau subjek yang dipelajari tidak menarik mereka. Ada juga beberapa yang berpikir bahwa pelajaran sekolah tidak ada hubungannya dengan pekerjaan mimpi di masa depan.

 

Kebiasaan buruk ini tentu akan memiliki dampak negatif, terutama jika individu tidak dapat memotivasi dirinya untuk belajar. Diri adalah musuh terbesar seseorang untuk bergerak maju.

Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa tips untuk tetap termotivasi untuk belajar agar mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa cara yang efektif untuk memotivasi diri Anda untuk rajin belajar.

Baca juga : Digital Marketing 

  • KETAHUI ALASAN ATAU MOTIVASI BELAJAR 

Mengetahui alasan kami atau tujuan kami akan memungkinkan Anda untuk lebih mudah mendorong kami untuk rajin belajar. Alasannya juga bervariasi.

Contoh motivasi belajar termasuk mendapatkan nilai yang lebih baik, sehingga mereka dapat diterima di Universitas terpilih atau hanya untuk menyelesaikan proses studi lebih cepat dan dapat beroperasi segera.

 

  • SUGESTI DIRI SENDIRI 

Salah satu cara untuk memotivasi kami adalah memberi kami saran positif. Istilah segar adalah self-hypnosis.

Teknik ini dianggap sebagai solusi untuk memancing antusiasme yang jauh dari alam bawah sadar dan membangkitkan motivasi tersembunyi.

Banyak cara dapat dilakukan untuk mempraktekkan hipnosis diri. Memang, sudah ada banyak buku motivasi yang membahas lebih banyak saran Anda sendiri.

 

Salah satu yang paling umum adalah berdiri di depan cermin, lihat di mata kita sendiri dan memberi kita afirmasi positif. Sebagai contoh, Anda adalah orang yang cerdas dan bijaksana, Anda adalah orang yang rajin atau Anda dapat menaklukkan semua hambatan.

Tidak hanya untuk belajar, metode ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah psikologis lainnya.

 

  • TENTUKAN TARGET BELAJAR 

Setelah mengetahui alasannya, langkah selanjutnya adalah menentukan target. Hindari target yang terlalu umum seperti “Saya harus lebih baik untuk semester berikutnya”.

Adalah baik untuk menetapkan target yang lebih spesifik dan terukur. Misalnya, jika nilai C sebelumnya, maka semester berikut, saya harus mendapatkan nilai A. Selain spesifik, keseluruhan target juga harus realistis. Jangan menentukan target yang hampir di luar batas kapasitas agar tidak terlalu stres.

 

Setelah menentukan target, buat kartografi untuk langkah -langkah kecil untuk mencapai tujuan ini. Misalnya, realisasi nilai A dengan melafalkan kekurangan dalam presentasi, dengan membaca lebih banyak buku atau dengan mengobrol dengan mitra belajar.

Selain menentukan target dan langkah -langkah kecil untuk mencapai tujuan ini, cobalah untuk selalu berpikir positif sehingga mentalitas juga lebih kuat.

 

  • BUAT JADWAL BELAJAR 

Dengan mengetahui target yang kita butuhkan, kita akan secara otomatis tahu apa yang harus dipersiapkan. Buat kalender pembelajaran yang lebih rinci dan jika Anda membutuhkan jadwal harian, itu juga dapat disita.

 

Pertama -tama tentukan program pembelajaran yang berisi daftar atau pelajaran untuk belajar dan menentukan waktu yang diperlukan untuk mempelajari subjek. Setelah itu, buat program harian, mingguan atau bulanan sesuai dengan langkah -langkah kecil yang telah disiapkan sebelumnya.

 

Jika perlu, masukkan juga kalender istirahat dan kegiatan sehari-hari, termasuk mungkin waktu hiburan, seperti menonton teater dan waktu kerja paruh waktu. Dengan cara ini, Anda akan lebih fokus pada setiap kegiatan dan akan tahu mana yang harus menjadi prioritas pada saat itu. Metode ini dikenal sebagai pemblokiran kalender.

 

  • UBAH KEBIASAAN YANG TIDAK MENDUKUNG 

Untuk meningkatkan antusiasme belajar, cara memotivasi Anda yang harus dilakukan tentu saja dengan memodifikasi kebiasaan yang tidak terlalu berguna atau tidak menguntungkan.

Mengubah kebiasaan tidak mudah, jadi lambat. Sebagai contoh, seseorang menggulir terlalu banyak media sosial di tengah waktu belajar mereka, jadi dia tidak menyadari 30 menit terbuang sia -sia.

 

Kemudian, solusi untuk memodifikasi kebiasaan ini dapat menerapkan sistem pembagian temporal. Misalnya, menyesuaikan alarm selama 25 menit belajar, 5 menit mempertahankan ponsel. Atau jika ini tidak terjadi, selama penelitian, ponsel ditempatkan di ruang yang berbeda, karenanya tidak tergoda untuk mempertahankannya.

Saran bukanlah mengubah semua kebiasaan pada saat yang sama. Cobalah untuk mengubah hanya 1 dalam penundaan tertentu, seperti 2 minggu.

Baca juga : Excellentteam